Mengenal 4 Persiapan Sebelum Cabut Gigi Di Dentist Jakarta

Gigi menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi istimewa. Sayangnya, letaknya yang berada di rongga mulut membuatnya kerap mengalami masalah. Mulai dari infeksi hingga lubang yang cukup parah sampai harus segera dicabut. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mencabut gigi di dentist Jakarta professional ? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Daftar Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Cabut Gigi

dokter gigi

  1. Jangan Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang kerap dimiliki oleh orang dewasa. Merokok sebenarnya memiliki pengaruh buruk pada kesehatan mulut. Mulai dari gigi yang menjadi kuning hingga bau nafas yang kurang segar menjadi masalah yang kerap timbul. Saat gigi hendak dicabut, pastikan anda tidak merokok setidaknya dalam waktu dekat.

Merokok dapat memperburuk kondisi gigi yang hendak dicabut. Gigi yang bermasalah ditakutkan akan tambah parah karena terkena zat zat yang terkandung didalam rokok. Terlebih jika anda mencabut gigi karena alasan infeksi akar, pastikan hal ini wajib anda patuhi. Rokok akan memperburuk infeksi menjelang waktu pencabutan gigi.

 

  1. Cek Kondisi Kesehatan Terkini

Kondisi kesehatan menjadi tolak ukur kesiapan pasien yang hendak melakukan pencabutan gigi. Jangan sampai pasien sedang mengalami gangguan kesehatan yang dapat berujung fatal. Meskipun pencabutan gigi tergolong operasi kecil, bukan berarti anda dapat menyembunyikan status kesehatan kepada dokter.

Selain itu, alasan mengapa harus cek kesehatan adalah untuk menghindari penularan penyakit dari pasien ke dentist Jakarta yang bertugas. Rongga mulut menjadi salah satu bagian yang dapat menyebarkan virus dan bakteri kepada orang lain. Belum lagi ditambah dengan adanya air liur yang mungkin secara tidak sengaja mengenai bagian tubuh dokter.

 

  1. Menyikat Gigi Sebelum Berangkat

Menyikat gigi sebelum berangkat merupakan salah satu etika yang harus dilakukan. Meskipun dokter tidak menyuruhnya, pastikan anda telah melakukan kegiatan ini sebelum berangkat. Mulut bersih dapat menjaga kenyamanan antara pasien dan dokter. Selain itu, tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa sisa makanan yang telah anda konsumsi sebelumnya.

Sisa makanan dapat mengganggu proses pencabutan gigi. Meskipun dokter telah menggunakan cairan tertentu yang dapat mencegah infeksi, anda juga harus turut andil mencegah hal tersebut. Rongga mulut yang tidak bersih dapat memicu infeksi setelah proses pencabutan gigi. Oleh karena itu, lebih baik mencegah sebelum kejadian tersebut menimpa anda.

 

  1. Patikan Telah Menginformasikan Riwayat Kesehatan

Riwayat kesehatan menjadi informasi penting yang harus anda beritahukan kepada dokter yang bertugas. Beberapa penyakit yang wajib diketahui oleh dentist Jakarta adalah diabetes, kelainan jantung, hipertensi, dan kelainan imun. Penyakit tersebut dapat membawa resiko tambahan selama proses pencabutan gigi.

Selama anda mematuhi setiap anjuran dokter, proses pencabutan gigi dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar. Oleh karena itu, ikuti tahapan yang telah disebutkan sebelumnya untuk meminimalisir masalah yang bisa saja muncul saat proses cabut gigi. Pilih juga dokter yang kompeten dan terpercaya agar proses pengobatan berjalan dengan baik.

Baca juga : 4 tips memilih dokter kandungan

Tinggalkan komentar